Selasa, 30 Maret 2010

Tips Membeli Mobil dengan Cara Kredit

Setiap orang pasti ingin segera mempunyai mobil idaman, namun karena keterbatasan dana sebagian orang memutuskan membelinya dengan cara kredit. Ini adalah salah satu pilihan bijak ditengah kehidupan ekonomi yang stabil.

Berikut ini saya berikan tips apa saja yang perlu diketahui saat Anda memutuskan untuk kredit:

1. Tentukan Merk, Jenis, Tahun Mobil
Merk sangat penting untuk dipertimbangkan, karena merk berhubungan dengan kualitas, image, ketersediaan suku cadang dan purna jual. Jenis mobil berhubungan dengan kebutuhan mobilitas Anda, ada sedan, minibus, Jeep, Pick UP dll. Mobil baru atau bekas tidak ada masalah, namun jika Anda memutuskan membeli mobil bekas mohon dipertimbangkan usia kendaraan/tahun keluaran mobil. Akan lebih bijak jika Anda memilih usia yang lebih muda walaupun dalam harga ada selisih namun hal ini akan menghemat biaya perawatan.

2. Hitung Budget dan Kemampuan

Budget merupakan hal yang sangat penting, jangan sampai kita terjebak oleh rayuan para Sales yang selalu menawarkan mobil dengan harga yang diluar kemapuan kita. Biasanya kita mudah tergiur oleh penjelasan mereka. Toh yang mengerti kondisi keuangan kita dan kita sendiri. Dan jangan memaksa diri untuk menuruti nafsu kita. Kemampuan di sini adalah berkaitan dengan kekuatan kita untuk mencicil bulanan. Coba kalkulasi penghasilan tetap dan tambahan Anda, lalu hitung juga semua pengeluaran bulanan Anda. Lalu tanya pada diri sendiri kalau menambah pengeluaran lagi, gemana? setelah dirasa mampu berdasar hitungan Anda, barulah tentukan nilai angsuran yang Anda inginkan. Catatan harga kendaraan dan Uang Muka berpengaruh terhadap Angsuran Anda. Semakin Tinggi harga mobil, semakin tinggi Uang Muka, semakin tinggi uang Muka akan menurunkan Nilai Angsuran Anda.

3. Tentukan Masa Kredit atau Tenor

Masa Kredit adalah waktu selesainya kita mengangsur cicilan, biasanya berkisar antara 12 bln hingga 48 bln. Masa Kredit berhubungan dengan nilai Asuransi dan angsuran. Semakin lama masa kredit semakin besar nilai asuransi, yang berkaitan pula dengan Total uang Muka yang Anda bayar. Lama tenor juga mempengaruhi besar bunga pinjaman.

4. Tentukan Jenis Asuransi

Setiap pembelian mobil secara kredit otomatis mobil Anda akan diikutkan asuransi dan Anda bisa memilih jenis asuransi yang ditawarkan. Asuransi TLO menanggung resiko antara lain; kecelakaan parah, kebakaran dan kehilangan kendaraan. Asuransi All Risk mengcover asuransi TLO dan termasuk gores pada bodi, hilang spion, banserep dll. Untuk lebih jelas bisa Anda tanyakan pada saat transaksi kendaraan pada showroom atau marketing pembiayaan yang datang ke rumah Anda.

5. Pilihlah Lembaga Pembiayaan yang Terpercaya

Saat ini banyak sekali muncul lembaga pembiayaan kredit mobil yang menawarkan berbagai kelebihan. Namun ada baiknya Anda hati-hati memilihnya, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang bank atau leasing yang ingin Anda gunakan. Tanyakan bagaimana prosesnya, persyaratan, bunga, penalti, denda dan bagaimana proses pengambilan BPKB jika lunas dsb. Cari leasing yang punya track record baik di kota Anda. Ada banyak pilihan seperti Mandiri Tunas Finance, Oto Finance, ACC dsb.

Mungkin ini hanya sebagian informasi yang bisa saya berikan dan dapat menjadi pertimbangan dalam membeli mobil idaman Anda. Selamat berkreddit ria...



0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com